Sabtu, 18 Mei 2019

SEHARI NGE-BLOG SPEKTAKULER


Hari ini, Sabtu 18 Mei 2019 gerbang SMK PGRI Lumajang dipenuhi Bapak Ibu guru berseragam PGRI dengan senyum lebar 5 jari. Meskipun gerbang belum dibuka (Karena memang hari sabtu siswa siswi SMK libur, red), semangat para guru itu tidak luntur. Tampak mereka asyik berfoto selfi, melakukan presensi kehadiran siperlu, yang hari sebelumnya koordinat presensi telah dipindahkan di SMK PGRI Lumajang. Ada apa di SMK PGRI Lumajang? Yuuk kita intip ..
gerbang SMK PGRI yang masih tertutup

                Ternyata ini adalah hari pertama  pendidikan dan latihan yang diadakan oleh  tim TP2G PGRI Lumajang. kegiatan dijadwalkan akan dilaksanakan 2 hari, tanggal 18 dan 25 Mei 2019.
                Kegiatan diawali dengan registrasi ulang para peserta terpilih. Setelah melalui tahapan seleksi, hanya 40 orang peserta terpilih yang berhak mengikuti PIT 6 ini. Peserta mengisi daftar hadir, dan mulai saling berkenalan antar peserta.
pembukaan PIT 6 oleh Ketua PGRI Lumajang

Pembukaan adalah acara selanjutnya. Pada kegiatan sambutan, Bapak Drs. Winadi, M.Pd selaku ketua PGRI Lumajang memberikan sambutannya. Beliau menegaskan bahwa guru harus penuh inovasi dalam menghadapi tantangan era teknologi. Teknologi adalah teman dalam pembelajaran, maka merangkul teknologi dalam pembelajaran adalah cara terbaik dalam mengenalkan teknologi positif kepada peserta didik kita. Meskipun tidak semua lembaga siap menerima teknologi, tapi para guru harus siap dengan segala kondisi terbaru di lapangan, baik di kota maupun di desa. Karena suatu saat meskipun di desa, teknologi informasi pun akan masuk dengan pesat.
                Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto foto, karena peserta yang jumlahnya banyak, maka sesi foto pun tidak cukup dilaksanakan satu kali.

                Wah, sudah saatnya materi ya?. para peserta berpindah, yang sebelumnya berada di ruang kelas lantai dua, berbondong bondong pindah ke ruang laboratorium komputer SMK PGRI Lumajang.  pemateri awal adalah Bapak Umar Tholib atau lebih dikenal dengan nama Kang Martho. Blogger senior yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Lumajang di dunia maya. Dengan pengalamannya ngeblog selama 10 tahun, kang Martho memberikan motivasi dan tips yang terus menggelorakan semangat para pendengarnya. Mulai dari manfaat ngeblog, memilih topik yang banyak diminati pengunjung, cara memilih judul yang bombastis dan diakhiri dengan iming iming budget yang akan mengalir dengan lancar ke rekening kita, jika kita aktif ngeblog . bahkan dengan semboyan yang super keren, Kerja sarungan dengan Gaji Karungan. Hehe.. salut untuk njenengan Kang!.
                Pemateri kedua adalah Bapak Subakri, S,Pd. Beliau langsung mengajari teknis pembuatan dan pengisian blog. Melalui akun blogspot. Gratisan? Iya dong, kan kami masih belajar. Di blogspot pula, kami mulai melahirkan bayi bayi blog kami. Imut imut, lucu lucu. Meskipun masih banyak kekurangan dan kehebohan kami yang kadang tersesat jalan, tidak tahu akan mengklik apa, beliau dengan sabar mengajari kami, membidani newbie blogger Lumajang.
Tidak hanya belajar blog gratis, kami pun belajar mengubah domain blog menjadi .com (dibaca dot com,red) dengan pemateri ketiga, Bapak Enjang Bayu Irawan. Melalui Domainesia, beliau menjelaskan cara merubah domain blogspot kami. Ternyata, hanya dengan 108.900 rupiah/tahun sudah cukup merubah blog kami menjadi lebih keren. Bahkan untuk merubah menjadi .sch ( dot school, untuk sekolah/lembaga) hanya membutuhkan Rp.49.000/tahun plus PPN 10%. Murah kan?
Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB. Tiba saatnya kami untuk pretest. Lho, kok pretest? Iya, karena keasyikan belajar, jadi lupa kalau kami belum pretes. Panitia juga manusia ya, punya salah dan lupa juga. Nilai pretes pun diumumkan. Voila! Ada yang dapat 100. Selamat ya!

Di penghujung acara, kami dibekali dengan berbagai tugas. Lumayan banyak, 6 postingan di blog newbie kami, sebelum pertemuan selanjutnya digelar. Plus 3 postingan ke blog TP2G PGRI Lumajang. terima kasih untuk pemateri luar biasa hari ini. Tak sabar rasanya kami menunggu dan menghitung hari untuk pertemuan kedua mendatang, tanggal 25 Mei 2019 di tempat yang sama. Salam Semangat!. (Yulina Asma)

3 komentar:

  1. Good...Good.the writer is good.according to me,,tulisanx sdah bagus..untuk koreksi lbih dalam kami blum mampu.mungkin masukan kami kurang membangun,namun kami harap bisa jadi penyemangat ja.therefore...I'm waiting foryou...Sy tunggu episode selanjutnya

    BalasHapus