Rabu, 22 Mei 2019

UPLOAD VIDEO KE BLOG TANPA PUSING

Hai Sobat sekalian, masih tetep semangat kan... 😁😁😁

       Tak terasa sudah hari ke-4 kita melaksanakan tugas On PIT 6. Bagaimana kabar hari ini? tidak ada yang meriang kan? Tidur terlalu malam sepertinya sudah menjadi makanan kita sehari hari dalam mengikuti diklat ini. Berkejaran dengan deadline PIT 6 membuat tubuh kita mampu sedikit berakselerasi untuk lebih "waspada" terhadap tugas kejutan yang akan diberikan oleh pemateri.


       Tugas hari ini cukup seru lho. Bagaimana tidak seru, saat sahur kita sudah bisa melihat tugas on ke-4 melambai mesra, seakan berkata, "Hai, hari ini giliran menjinakkan video, ya". Ya. Hari ini kita akan belajar memasukkan video ke blog kita.

       Ada 3 cara memposing video ke dalam blog kita, yaitu menyisipkan/upload video pribadi, mengambil video youtube orang lain, dan mengupload video youtube dari chanel kita sendiri. Baiklah tanpa perlu basa-basi lagi mari kita ikuti tutorial upload video di blog berikut :
  1. Untuk mengupload sebuah video ke blog kita haruslah memiliki blog dulu. Bagaimana kita mau menguplod video jika kita belum memiliki blog. 😀😀😀 (cara membuat Blog sudah diajarkan pada Pelatihan IT 6 TP2G PGRI Lumajang kan)
  2. Setelah kita memiliki blog, langkah kedua yaitu membuat postingan baru dengan mengklik "Entri Baru" seperti yang dilingkari biru pada gambar bawah ini
  3. Nah setelah kita menuliskan sebuah postingan, untuk menyisipkan/upload video perhatikan menu bar pada bagian atas dan klik gambar clupper board. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar yang dilingkari merah berikut
  4. Setelah mengklik gambar clupper board atau insert video kita akan ditampilkan beberapa cara untuk memasukan video di blog. Cara yang pertama adalah Upload.

    Dengan cara "Upload" ini kita dapat menampilkan video yang disimpan dalam komputer kita masing-masing.
     
  5. Cara yang kedua adalah menyisipkan video YouTube orang lain. Cara ini cukup mengklik "Form YouTube".
    Setelah itu kita tinggal cari alamat video youtube yang akan kita masukan ke blog. Agar lebih mudah kita masuk dulu ke YouTube untuk mencari video yang akan kita masukan ke blog kemudian kita copy alamat video tersebut. Alamat YouTube yang dicopy seperti gambar yang saya lingkari merah berikut.
    Alamat YouTube telah kitta dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah menempelkan alamat tersebut pada add video "Form YouTube" kemudian klik cari atau gambar kaca pembesar disebelah kanannya, maka akan tampil seperti gambar berikut.
    Jika proses ini dilalui dengan baik dan benar maka akan muncul video tersebut pada blog kita. Yups... Selamat mencoba
  6. Langkah ke-3 menyisipkan video ke blog adalah dengan mengambil video dari chanel YouTube kita masing-masing. Langkah ini dapat dilakukan dengan mengklik "My YouTube Video".
    Karena saya masih belum memiliki video di chanel YouTube maka tampilannya akan kosong seperti gambar di atas. Maklum masih newbie banget. hehehehe 😅😅😅       
         Nah itulah beberapa cara untuk menyisipkan/upload video kedalam blog kita. Semoga penjelasan saya ini mudah untuk dipahami dan dipraktekan. Dan jika masih ada yang bingung mungkin dengan melihat video "CARA MUDAH MEMASUKAN VIDEO YOUTUBE KE WEBBLOG BLOGGER" yang saya ambil dari Chanel AYO MENDIDIK ini dapat membantu. Selamat menyaksikan...




        Hanya sekedar info saja untuk para sobat guru semua. Apabila kita ingin mengupload video ke blog kita, alangkah baiknya jika video tersebut adalah video original milik kita sendiri. Jika kita terpaksa mau memakai video dari link YouTube atau dari video pemilik lainnya, usahakan terlebih dahulu kita izin untuk menggunakan video tersebut. Apabila kita mendapatkan izin upload video, maka diperbolehkan uplod video tersebut. Akan tetapi jika kita tanpa ada izin menguplod video dari orang lain atau dari chanel YouTube, maka itu termasuk "Pelanggaran Hak Cipta". Seandainya pemilik video tersebut melaporkan kita ke pihak Google maka kita kena hukuman plagiat, dan hukuman dengan ditutupnya Blog kita atau disuruh bayar denda tertentu. Nah jika blog yang kita tulis ini ditutup kan sayang banget, kita sudah bersusah payah untuk mengembangkannya akhirnya hanya tinggal kenangan saja.

         Ayo semuanya tetep semangat menulis ya.... 😉😉😉

2 komentar: