Senin, 20 Mei 2019

KENALAN DENGAN MENTARI

Assalamualaikum..
Bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu luar biasa ya !!
Sahabat, akhir akhir ini ketika pulang sekolah saya sering merasakan panas yang menyengat. Bahkan, jarak dari sekolah ke rumah (sekitar 20 km), serasa mampu mengubah warna kulit menjadi 3 tingkat lebih gelap. Bukan lebay ya, tapi kenyataannya memang demikian. Tahukah kalian, apakah penyebab panas yang sangat menyengat tersebut? Iya, benar. Penyebabnya adalah matahari. Radiasi panas matahari di siang hari tidak baik untuk kesehatan kulit kita. Sangat berbeda dengan kehangatan matahari di pagi hari yang justru baik bagi kesehatan kita. Berbicara tentang matahari, sebenarnya apakah kita sudah mengenal matahari dengan baik? Yuk kita simak bersama sama di sini.


Nah, selesai kenalan dengan matahari, yuk kita tes kemampuan kita dengan mengerjakan soal soal di bawah ini dengan benar . 
1. Dimanakah pusat tata surya kita?
2. Apakah matahari memiliki lapisan lapisan? coba sebutkan!
3. Berapakah jarak matahari dengan bumi?
4. Berapakah suhu yang terdapat pada lapisan inti matahari? 
5. Bagaimanakah peranan matahari bagi kehidupan kita?
6. Bisakah kita membuat berondong jagung di matahari? jelaskan Jawabanmu!
7. Mengapa planet planet bisa berputar mengelilingi matahari?
8. Mungkinkah suatu saat matahari akan tidak bersinar lagi?
9. Dapatkah kita hidup tanpa matahari? Mengapa?
10. Kalau siang matahari, kita bisa melihat matahari di langit, dan kita merasakan panas. Mengapa ketika malam hari meskipun bulan tampak di langit tapi kita tidak merasakan panas?


Nah, selesai menjawab, mari kita cek jawabanmu dengan mengklik gambar di bawah !

Nah, setelah mencoba menjawab, hitunglah point yang kamu dapatkan. jika menurutmu point mu masih kurang,, kamu masih dapat mengerjakan soal di atas kembali, dan mengecek kembali jawabanmu dengan klik ini !


Alhamdulillah, pelajaran hari ini selesai ya, semoga dengan ilmu yang kita dapatkan akan menjadikan kita lebih mencintai alam dan memanfaatkan alam ini dengan lebih bijak. Selamat berjumpa pada materi berikutnya. Semangat Belajar!
Wassalamualaikum..


siswa kelas 6 tahun 2018/2019 pasca ujian praktek IPA







2 komentar: