Sabtu, 22 Juni 2019

LIBURAN SEKOLAH, WAKTU TEPAT UNTUK BELAJAR!

 Assalamualaikum Warohmatulloh..

Alhamdulillah.. Libur tlah tiba, ya! Sobat pasti senang kan? Ah, saya juga loh..😊 Karena liburan artinya waktu untuk keluarga akan semakin banyak, waktu untuk sedikit bersantai akan semakin melimpah.

Apakah liburan adalah waktu untuk bersantai saja? Tidak dong! Justru liburan adalah waktu yang tepat untuk belajar.. 😃😎
Senangnya menunggu pengumuman libur

Wah.. Belajar lagi? Iya, belajar lagi. Sudah bosan, ah! Untuk belajar yang satu ini dijamin tidak akan bosan! Tidak percaya? Baiklah, akan saya beri bocoran pilihannya. Yuk kita pilih pilih dengan hati berbunga..

1.       Mengenal Alam

Kita bisa mengisi liburan dengan mengenal alam sekitar kita. Tidak harus dengan tamasya ke tempat jauh yang membutuhkan uang berlimpah, kita bisa mengenal alam dengan cara yang sederhana. Misalnya, menanam sayuran, merapikan rumput, fotografi dengan berlatarkan bunga bunga di taman, berjalan jalan di pematang sawah sambil mengamati keong emas, atau sekedar mengayuh sepeda angin menyusuri jalanan di desa, kemudian menghirup udara segarnya. Tanpa kita sadari, sebenarnya kita pun sudah belajar, loh! Belajar mengenal alam, keanekaragaman makhluk hidup, dan yang pasti kita akan belajar mengenal Ke-Maha Besaran Alloh. Hmmm.. Pastilah acara liburan akan sangat berkesan.

2.       Mendaur ulang benda benda di sekitar kita

Ketika hari hari sibuk kerja, kita mungkin tidak sempat melirik benda benda sekitar kita yang sebenarnya masih bisa kita beri sedikit sentuhan sehingga akan tampak menarik. Misalnya : Membuat drum dari kaleng kue lebaran, membuat tempat pensil dari gulungan kertas koran, memanfaatkan kain perca untuk hiasan dinding, membuat boneka tangan dari kaos kaki bekas, atau sekedar membuat mobil mobilan dari kardus. Banyak pilihan yang bisa kita pilih. Yang pasti, dengan kegiatan mendaur ulang, kita sudah mengurangi sampah. Dan tanpa kita sadari, sesungguhnya kita sudah belajar lagi. Belajar memanfaatkan benda  benda di sekitar kita, belajar untuk lebih peduli dengan alam, dan kita pun menjadi lebih kreatif!

3.       Silaturahim  dengan Sanak Saudara

Liburan bersama saudara
Ini adalah kegiatan luar biasa yang dapat kita pilih. Waktu liburan adalah waktu yang tepat untuk belajar memahami orang lain. Salah satunya adalah belajar memahami karakter saudara terdekat kita. Sehingga kita pun akan lebih peduli, dan saling mengasihi dengan sesama. Ada satu tips unik untuk lebih dekat dengan saudara kita, loh! Apa itu? Berilah hadiah. Tidak harus mahal, cukup hadiah spesial dari hati kita. Misalnya, kartu ucapan yang kita buat sendiri, atau awetan bunga kering hasil karya kita. Pasti mereka akan sangat senang dengan kepedulian kita. Tidak percaya? Silahkan dicoba.
4.       Berliterasi.

Nah, pilihan satu ini adalah pilihan cerdas. Manfaatkan liburan untuk menambah ilmu kita. Ilmu umum atau ilmu agama, tinggal pilih suka suka. Dicampur pun tak masalah. Misalnya, menambah hafalan Al-Qur’an, berkunjung ke pameran buku, perpustakaan kota, atau sekedar menyalin materi yang belum sempat tertulis dengan baik. Tanpa kita sadari, kita pun akan memiliki ilmu yang lebih banyak dari sebelumnya.

Belajar sambil bermain

Sebenarnya, masih banyak alternative kegiatan menyenangkan lainnya untuk mengisi liburan kita. Yang pasti liburan tidak boleh hanya diisi dengan tidur, nonton tv atau main game saja, ya. Jadwalkan liburan kita dengan teratur. Niscaya liburan kita akan lebih menyenangkan. Bagaimana caranya?

Misalnya: hari 1 jalan jalan di pematang sawah sambil menghafalkan surat An-Naba’, melihat keong mas, mencari ikan, dan mencari sayuran di sawah (pastikan sudah izin sama yang punya sawah, ya 😉)

Hari 2. Mencari kaleng kosong bekas biscuit lebaran, kita buat drum sambil belajar menyanyikan lagu gundul gundul pacul bersama saudara dan teman teman dekat.

Hari 3. Mencari botol plastik kemudian kita sulap menjadi akuarium kecil yang bias kita tempelkan di dinding sebagai hiasan rumah kita, yang kemudian bisa jadi rumah baru bagi ikan ikan kecil yang kita cari tempo hari di sawah, dsb

Kita juga bisa berdiskusi dengan orang tua kita, untuk membantu memilihkan kegiatan liburan yang menarik buat kita. Ayo kita isi liburan kita dengan luar biasa! Selamat berlibur!

Wassalamualaikum Warohmatulloh,
Uline_chaw 

1 komentar:

  1. Waktu tepat untuk menambah wawasan 😃😃😃 Jadi pilih berliterasi

    BalasHapus